RSS

Sabtu, 31 Januari 2015

Tips Menghadapi Ujian Sekolah

Berdasarkan fakta, siswa - siswi yang mau menghadapi yang namanya ujian sekolah kebanyakan pusing memikirkannya padahal jika kita menghadapi hal yang seperti itu pikiran kita harus jernih dan tidak banyak memikirkan hal-hal yang lain kecuali materi yang di ujian sekolah. Saya akan memeberi tips menghadapi ujian sekolah :







1. Jangan Memikirkan Banyak Hal
Maksud dari pernyataan ini ialah jangan terlalu memikirkan hal-hal yang mempu membuat diri anda takut dengan ujian sekolah.

2. Belajarlah dengan Sungguh-sungguh
Tentu untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Akhir Sekolah ini kita harus banyak belajar, karena dengan belajarlah kita bisa menghadapi ujian sekolah dengan mudah.
 
3. Disiplin dalam Belajar
Tidak disiplin dan suka menunda-nunda dalam belajar merupakan hal yang merusak persiapan ujian. Untuk mengatasi ini, Anak harus memiliki Kunci Sukses 4 yaitu berdisplin diri dan berperang dengan penundaan.

4. Kurangi Waktu Bermain
yang pertama yaitu mengurangi waktu bermain atau kegiatan di luar sekolah atau yang lainnya seperti mainan social media dll, ini gunanya biar kita bisa fokus pada ujian dan bisa memiliki waktu lebih banyak untuk belajar dan beristirahat kan^^.

5. Belajarlah Sewajarnya Aja 
Belajar sebanyak-banyaknya bukanlah suatu hal yang baik lho tapi belajarlah semampunya aja, mendingan belajar sedikit namun efektif daripada belajar banyak tapi bikin otak stress :D, makanya jangan cuma belajar di saat ujian doang dong, dan jangan sampai begadang kalau belajar karna ntar siangnya malah ngantuk hihi.

6. Jangan Pernah Lupa untuk Selalu Berdoa
Jangan pernah menyepelekan kekuatan doa karna dengan berdoa maka kepercayaan diri dan keyakinan kita akan semakin meningkat, jadi berdoalah kepada tuhan agar di mudahkan dan di kuatkan dalam menghadapi ujian.

7. Jaga Kesehatan Tubuh Sehat itu Penting
Karena kalau sakit mana bisa kita fokus dan mengisi ujian dengan baik, atau karna kebanyakan belajar malam hari siangnya pas ujian malah ngantuk, nah mana bisa fokus ngerjain ujian sambil ngantuk kan? karna itu aturlah baik-baik waktu belajar dan istirahat yang cukup, malam juga jangan dipaksain untuk begadang khususnya di hari-hari ujian.

8. Strategi Manajemen Waktu
Terlalu banyak bermain dan melupakan belajar membuat anak mendapat nilai jelek. Sebaliknya terlalu banyak belajar dan tidak bermain membuat anak menjadi stres. Perlu ada keseimbangan antara belajar dan bermain dalam masa ujian. Kunci Sukses 5 yang harus dimiliki Anak adalah cara mengatur waktu belajar dengan sistem yang tepat.

9. Strategi Memahami Pelajaran
Terlalu banyak materi yang dipelajari untuk ujian membuat Anak kelamaan dalam memahami pelajaran. Kunci Sukses 6, menguasai strategi menemukan poin-poin penting dalam pelajaran sehingga Anak Anda bisa memahami pelajaran dengan mudah dalam waktu singkat.

10. Strategi Menghafal Pelajaran
Menghafal adalah bagian dari pembelajaran di sekolah. Menghafal akan menjadi mudah jika tahu caranya. Kunci Sukses 7 yang akan Anak Anda pelajari adalah cara menghafal daftar kata berurut, rumus, kata asing (cont: pelajaran biologi), dan proses (cont: metamorfosis).

Semoga bermanfaat ya:)
Sumber : http://rajaartikel.blogspot.com/2013/03/tips-menghadapi-ujian-akhir-sekolah-uas.html
Sumber : http://riizhu.blogspot.com/2014/04/6-tips-agar-sukses-menghadapi-ujian.html
Sumber : http://junianton.com/9ksmu/ujian/

0 komentar:

Posting Komentar