RSS

Rabu, 04 Februari 2015

Tips Agar Hidup Tentram

Semua manusia yang berada di dunia pasti berharap kehidupannya dapat berjalan dengan bahagia dan tentram, namun pada kenyataannya tidak semua manusia mampu untuk mewujudkan harapan tersebut. Ini beberapa tips agar hidup kita menjadi tentram :

  1. Memiliki iman kepada Tuhan
Setiap makhluk hidup yang ada di dunia tidak tercipta dengan sendirinya, ada suatu kuasa yang menciptakan serta menopang kehidupannya, dan kuasa itu berasal dari sang Pencipta kita Tuhan semesta alam. Tuhan tidak menjanjikan kepada manusia bahwa perjalanan hidupannya di dunia akan mudah, akan ada banyak tantangan serta kesulitan yang harus dihadapi, namun Tuhan tidak akan tinggal diam menyaksikan makhluk ciptaan-Nya mengalami kesulitan, karena Dia tidak mencobai umat-Nya melebih kekuatan yang dapat dia tanggung, dan selalu ada saja jalan keluar jika kita tetap memiliki iman yang kuat kepada-Nya.


2. Menjaga kesehatan
Sangat benar sekali bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jika Anda berkunjung ke rumah sakit untuk berobat atau sekedar mengantar sanak saudara yang sedang sakit, cobalah mengamati keadaan sekitar Anda sejenak. Perhatikan wajah orang-orang yang ada di situ, setiap wajah mengharapkan kesembuhan, baik kesembuhan untuk dirinya sendiri maupun untuk saudara yang mereka kasihi. Oleh karena itu, agar bisa merasa tentram dan bahagia hidup di dunia setiap dari kita harus menjaga kesehatan kita. Jagalah tubuh kita agar senantiasa sehat sehingga kita dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan normal.

3. Menghindari permusuhan
Lingkungan kita terdiri dari berbagai bangsa, suku, ras, atau paham dan dapat menjadi sumber utama perselisihan satu orang dengan yang lain. Oleh karena itu, jadilah pembawa damai di mana pun Anda berada, hindarilah sebisa mungkin pertengkaran, ciptakanlah persahabatan dengan semua orang, jika setiap orang bisa melakukannya, ketentraman dalam kehidupan tidak mustahil untuk tercapai.

4. Menghindari hutang
Salah satu sumber dari ketidakbahagiaan adalah hutang. Hutang yang dilakukan dengan tujuan yang baik memang dapat berguna bagi seseorang, namun hutang yang dilakukan dengan tujuan yang salah justru akan membuat kehidupan seseorang penuh dengan tekanan dan ketakutan. Hindarilah hutang jika Anda benar-benar tidak membutuhkannya atau ketika Anda tidak memiliki cara bagaimana untuk membayar hutang Anda. Gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijaksana, karena itu bukan uang Anda, maka ketika Anda menggunakannya Anda wajib untuk membayarnya kembali, dan pastikan juga Anda membayar pinjaman kartu kredit tepat waktu untuk menghindari jerat hutang yang dapat membuat kehidupan Anda tidak bahagia.

5. Pendidikan yang baik
Persaingan dalam dunia kerja saat ini semakin ketat, agar kita bisa bersaing dengan orang lain, maka kita harus memiliki pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik akan membuat posisi tawar kita dalam dunia kerja patut untuk diperhitungkan. Keadaan ekonomi sebisa mungkin jangan dijadikan alasan untuk tidak memiliki pendidikan yang baik. Ada banyak orang yang berasal dari keadaan ekonomi yang kurang beruntung, pada akhirnya melalui pendidikan yang baik dapat bangkit dari keterpurukan tersebut.

6. Menabung
Selagi masih muda kita harus rajin untuk menabung, kebiasaan menabung telah terbukti ampuh dalam menghindarkan seseorang dari masalah keuangan kelak di kemudian hari. Oleh karena itu, jika ada dari kita saat ini belum terbiasa untuk menabung maka usahakanlah untuk memulainya sesegera mungkin, ketika Anda menabung Anda tidak sedang kehilangan uang Anda, melainkan Anda sedang menyelamatkan masa depan Anda.

7. Asuransi
Saat ini kebutuhan akan asuransi tidak boleh dipandang sebelah mata, ada banyak bentuk asuransi yang bisa kita pilih disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika Anda peduli akan masa depan Anda, mulai saat ini Anda bisa menentukan asuransi apa yang akan Anda butuhkan, apakah itu asuransi kendaraan, asuransi keselamatan, asuransi hari tua, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan sebagainya.
  
8. Selalu bersyukur.
Dengan bersyukur akan membuat hidup anda lebih tenang, daripada menggerutu dengan semua apa yang anda terima saat ini. Misal anda berkeinginan untuk hidup mewah banyak uang tapi keadaan anda saat ini tak seberuntung itu, tetap syukuri saja, anda akan di bawa ke dalam keadaan dimana anda merasa tenang dan tentram jika mensyukurinya.

9. Batasi masalah tempatnya.
Tak banyak orang bisa menempatkan masalahnya pada tempat yang benar, seperti ketika anda mempunyai masalah di rumah jangan di bawa bawa ke tempat kerja atau ke sekolah, mengumbar masalah ke publik takkan menyelesaikan masalah, malah bisa membuat masalah semakin rumit saja. Maka batasi masalah anda hanya pada tempatnya dan selesaikan dengan sebaik mungkin.
 
10. Buang jauh perasaan takut dan khawatir.
Perasaan takut dan khawatir hanya akan membuat hidup anda lebih menderita, banyak hal yang di takutkan atau di khawatirkan justru tak pernah terjadi, misal anda phobia dengan air, apa yang anda takutkan dari air? apa air menyakiti anda?  selama itu bukan tsunami atau banjir besar, apa anda tak akan mandi?.
 
11. Perubahan itu normal Banyak orang di luar sana, ketika menjumpai suasana baru di tempat dia berada akan merasa tidak betah dan menuntut kembalinya suasana sebelumnya. Hal ini akan menghantui perasaan anda, daripada begitu lebih baik mengalir saja seperti air dan menganggap perubahan itu normal dan wajar nanti juga betah. 

12. Berhenti membanding bandingkan seseuatu.
Banyak orang yang seharusnya merasa bahagia justru menderita dengan kehidupannya, ketika mereka mendapatkan sesuatu yang tak seperti sebelumnya, misal pacar, dengan orang ini aku begini begini, lalu kenapa dengan yang saat ini dia begitu,  behentilah membandingkan sesuatu.

13. Lupakan kegagalan masa lalu.
Ibarat orang menyebutnya #move on, hidup ini tak berjalan kebelakang tapi berjalan maju kedepan, lupakanlah masa lalu karena anda tak hidup di dunia khayalan yang bisa di putar putar sesuai keinginan ( kartun ).

Sumber :  http://keluarga.com/kiat-supaya-bahagia-dan-tentram-dalam-kehidupan
Sumber : http://sesejuk-pagi.blogspot.com/2014/01/kunci-penting-agar-hidup-bahagia.html#.VNIV6C5qhOk

0 komentar:

Posting Komentar